Hubungan Peran Keluarga dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Disabilitas Intelektual

The Relationship Between the Role of the Family and the Gross Motor Ability of Children with Intellectual Disabilities

  • Nahdiah Purnamasari
  • Nur Afifah Universitas Hasanuddin
  • Yudi Hardianto Universitas Hasanuddin
Keywords: Kata kunci : motorik kasar, peran keluarga, disabilitas intelektual, motorik kasar, disabilitas intelektual, peran keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran keluarga dengan kemampuan motorik kasar anak disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah responden tiga puluh delapan orang (n=38). Terdapat beberapa data primer yang dikumpulkan diantaranya peran keluarga, kemampuan motorik kasar, Pengambilan data tersebut menggunakan kuisioner Family Role Questionnaire (FRQ) dan Test Gross Motor Development 2 (TGMD-2). Berdasarkan hasil analisis uji hubungan dengan Sperman Rho test didapatkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p< 0.05) yang berarti adanya hubungan antara peran keluarga dengan kemampuan motorik kasar anak disabilitas intelektual, dengan nilai r =0.062 yang berarti adanya hubungan yang kuat antara peran keluarga dengan kemampuan motorik kasar anak disabilitas intelektual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bse, E., Jember, J. S., Java, E., Puspitasari, Y. D., Susanto, T., Rosyidi, K., & Nur, M. (2019). HUBUNGAN PERAN KELUARGA DENGAN PENGETAHUAN , SIKAP DAN PRAKTIK PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI ( SADARI ) PADA REMAJA PUTRI DI KECAMATAN JELBUK JEMBER , JAWA TIMUR Relationship of the Role of Family with Knowledge , Attitude , and Practice of Breast Self Kan. 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22435/kespro.v10i1.1533.59-68
Dhamayanti, M., & Herlina, M. (2016). Skrining Gangguan Kognitif dan Bahasa dengan MenggunakanCapute Scales (Cognitive Adaptive Test/Clinical Linguistic & Auditory Milestone Scale-Cat/Clams). Sari Pediatri, 11(3), 189. https://doi.org/10.14238/sp11.3.2009.189-98
Dharmayanti, I., Tjandrarini, D. H., Hidayangsih, P. S., & Nainggolan, O. (2018). PENGARUH KONDISI KESEHATAN LINGKUNGAN DAN SOSIAL EKONOMI The Impact of Environmental Health and Socio-economic Condition on Mental Health in Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 17(2), 64–74.
Dwi Jayanti, D. M. A., Lestrai, R. T. R., & Riskayanti, N. P. (2020). Relationship Between Parents’ Parenting And Independence Level Of Activity Daily Living (ADL) In Soft Mental Retardation Children. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 8(2), 87. https://doi.org/10.21927/jnki.2020.8(2).87-94
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
French, K. A., & Shockley, K. M. (2020). Formal and Informal Supports for Managing Work and Family. Current Directions in Psychological Science, 29(2), 207–216. https://doi.org/10.1177/0963721420906218
Frith, E., & Loprinzi, P. D. (2018). Experimental effects of acute exercise and music listening on cognitive creativity. Physiology and Behavior, 191, 21–28. https://doi.org/10.1016/j.physbeh.2018.03.034
Holloway, J. M., Long, T. M., & Biasini, F. (2018). Relationships between Gross Motor Skills and Social Function in Young Boys with Autism Spectrum Disorder. Pediatric Physical Therapy, 30(3), 184–190. https://doi.org/10.1097/
Muliana. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Anak Retardasi Mental Sedang Di Slb Negeri Tingkat Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Makassar. Skripsi.
Munir, Z., & Virana, H. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia Pra Sekolah. 7.
Murthado, F., Arung, F., Boeriswati, E., & Rahman, S. (2021). Syntax Device and Unit Disorder in Children with Mental Retardation: A Neurolinguistic Perpspective on Language Learning Innovations and Progressive Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 114–129. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i2.11885
Pratama, H. G., Putu, I. G., Adi, N., & Santoso, D. A. (2021). Profil Motorik Kasar Kelas Rendah SDN 1 Sumbergedong Trenggalek. 7(1), 160–166.
Prawestri, G., & Hartati, E. (2019). Gambaran Mengenai Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Serta Kemandirian Toilet Training Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 2(2), 7. https://doi.org/10.32584/jikk.v2i2.409
Praya, D. S. L. B. (2020). Gambaran Dukungan Keluarga Terhadap Anak Retardasi Mental. 8, 54–62.
Rahmawati, S. W., & Jagakarsa, U. T. (2018). Penanganan Anak Tuna Grahita (Mental Retardation) dalam Program Pendidikan Khusus. Jurnal Psiko Utama, May, 5–27.
Ramawati, D., Allenidekania, A., & Besral, B. (2012). Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita Berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(2), 89–96. https://doi.org/10.7454/jki.v15i2.32
Published
2021-11-19
How to Cite
Purnamasari, N., Afifah, N., & Hardianto, Y. (2021). Hubungan Peran Keluarga dengan Kemampuan Motorik Kasar Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(1), 9-15. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i1.147
##“article.abstract”## viewed = 244 times
PDF downloaded = 230 times