PENGARUH INFRA RED, MASSAGE DAN TERAPI LATIHAN PADA CONGENITAL MUSCULAR TORTICOLLIS

INFRA RED, MASSAGE AND EXERCISE THERAPY EFFECT IN CONGENITAL MUSCULAR TORTICOLIS

  • Akhmad Alfajri Amin Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang
  • Suci Amanati Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang
  • Neneng Nahdiyah Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang
Keywords: Infra Red, Massage, Terapi Latihan, Congenital Muscular Torticollis

Abstract

Latar Belakang: Data Statistik di Indonesia menunjukkan 1 dari 300 bayi lahir dengan tortikolis otot bawaan. Kelainan ini lebih sering terjadi pada anak pertama. Tortikolis terjadi pada 0,4 % dari seluruh kelahiran. Sedangkan untuk noncongenital muscular torticollis, rata-rata terjadi pada usia 40 tahun. Perempuan lebih sering terkena dengan perbadingan 2 : 1 dibandingkan lakilaki (Putri, 2010). Penelitian ini dilakukan di RSUD Kajen di Kota Pekalongan pada bulan November 2017 dengan mengambil sampel sebanyak 8 orang partisipan. Metode penelitian menggunakan pretest-posttest dengan quasi eksperimen. Tindakan fisioterapi yang diberikan pada kasus ini adalah dengan infra red, massage dan terapi latihan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh fisioterapi dengan modalitas Infra Red, Massage, dan Terapi Latihan pada kasus Congenital Muscular Torticollis.

Hasil: Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk panjang otot sternocleidomastoideus untuk posisi netral didapatkan terjadi perubahan signifikan pada partisipan antara sebelum terapi dibandingkan setelah terapi ditunjukkan dengan nilai sig (2tailed) sebesar 0,005 yang berada pada batas kritis <0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dan untuk nilai panjang otot sternocleidomastoideus
untuk posisi terulur didapatkan hasil 0,001 yang bermakna <0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terjadi perubahan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah terapi.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa penggunaan Infra red, Massage dan terapi latihan berupa relaxed passive movement dan stretching mampu meningkatkan panjang dan elastisistas otot sternocleidomastoideus secara signifikan, dengan peningkatan panjang otot saat netral menunjukkan spasme pada otot tersebut berkurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Akhmad Alfajri Amin, Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Lecture of Congenital Muscular Torticollis

Suci Amanati, Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Lecture of Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Neneng Nahdiyah, Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Akademi Fisioterapi Widya Husada Semarang

Published
2018-01-09
How to Cite
Amin, A., Amanati, S., & Nahdiyah, N. (2018). PENGARUH INFRA RED, MASSAGE DAN TERAPI LATIHAN PADA CONGENITAL MUSCULAR TORTICOLLIS. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 2(1), 26-33. https://doi.org/https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v2i1.44
##“article.abstract”## viewed = 822 times
PDF downloaded = 2877 times